Rangkuman Bab 1 Informatika


INFORMATIKA


    Tujuan Pembelajaran dari bab 1 ini adalah kalian memahami pentingnya informatika,
dan memahami keterampilan generik (generic skill) untuk kolaborasi, merencanakan
pekerjaan, dan mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan efektif
dan menarik. 
    Nah, aplikasi atau game adalah salah produk
yang dihasilkan dengan ilmu yang disebut Informatika. Pengembangan
produk yang kompleks perlu kolaborasi tim yang baik agar efektif dan
hasilnya sesuai dengan keinginan. Selain itu, juga diperlukan perencanaan
dan pengkomunikasian hasil kepada pengguna dengan baik 

    Apa dan mengapa perlu belajar informatika? Nah, pertama-tama kita harus mengetahui apa itu informatika, informatika adalah bidang pengetahuan, generic skills, berkerja dalam kelompok, merencanakan kerja, mengomunikasikan hasil kerja, presentasi, infografis. Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Tetapi apa itu komputasi adalah :  
(1)  penghitungan dengan menggunakan komputer; 
(2)  dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan
atau perubah-perubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang
diberikan.

    Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional
(computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan
suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat
lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda
berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan
teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan
menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami
bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung
komputer maupun tidak.

    Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam
Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan
mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat sekarang ini
disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia isik sekaligus di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan). Banyak
kegiatan dilakukan manusia secara isik maupun secara daring dengan
pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Kalian tentu bisa mengingat
pengalaman kegiatan kalian yang didukung teknologi komputer dan internet,
mulai dari berkomunikasi dengan media sosial, bermain game online, memesan
makanan, memesan transportasi, mendaftar sekolah, belajar secara daring,
dan sebagainya.

    Nah apa aja yang bakal dipelaajarin dalam mata pelajaran  informatika? 
Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk
mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan
(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu
mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami
dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak
yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip, praktik,
dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi
kreatif dan merasakan manfaatnya. 
Karena tidak hanya teoretis, penerapan
informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan berefek bahwa
produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik
secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so
beautiful”). 

    Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang
dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan
Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP),
Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam
bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information
and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer
Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social
Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP). Gambar 1.1 berikut
ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen pengetahuan
informatika tersebut. 

Keterangan:
TIK: Teknologi Informasi dan
Komunikasi
SK: Sistem Komputer
JKI: Jaringan Komputer/Internet
AD: Analisis Data
AP: Algoritma dan Pemrograman
DSI: Dampak Sosial Informatika
PLB: Praktika Lintas Bidang
BK: Berpikir Komputasional

Dan, apa saja yang aakan dipelajari di Informatika kelas VII? Yang akan dipelajari adalah :
1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar
menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya
mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika,
matematika, sains, atau ilmu sosial.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian
akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel,
menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile
dalam folder.

3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai
deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian
utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan
perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan
dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan
belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk
menghasilkan suatu karya kreatif.


6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar
mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun
negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.





Komentar

Posting Komentar